Friday, December 24, 2010

Pariwisata

Goa Terawang merupakan obyek wisata alam, terbentuk di daerah endapan batu Gamping Pegunungan Kapur Utara berumur + 10 juta tahun. Terletak di Desa Kedungwungu Kecamatan Todanan kawasan Hutan KPH Blora + 35 Km. arah Barat Kota Blora. Goa Terawang mempunyai panjang alur/terawang terpanjang + 180 m dengan kedalaman 5-11 m dibawah permukaan tanah. Didalamnya terdapat stalakmit dan stalaktit yang sangat indah dan menawan. Di kawasan ini pula terdapat beberapa goa-goa yang tidak kalah menariknya, antara lain goa Kidang, Goa Suru, Goa Manuk, dll.


2. WADUK BENTOLO
Waduk Bentolo juga terletak tidak jauh dari lokasi Goa Terawang. Waduk Bentolo disamping sebagai obyek wisata juga digunakan sebagai irigasi lahan pertanian, di kawasan ini pula terdapat Bumi Perkemahan yang sangat luas dan dikenal dengan nama Bumi Perkemahan Pancasona.

3. PEMANDIAN SAYURAN
Pemandian Sayuran terletak didaerah perbukitan di Desa Soko Kecamatan Jepon + 14 Km. ke arah Timur Laut Kota Blora. Berhawa sejuk dan mempunyai pemandangan yang indah. Pemandian Sayuran dibangun dengan standart nasional, dan dilengkapi dengan pemandian khusus anak-anak. Diatas pemandian sayuran terdapat Padepokan.

4. WADUK TEMPURAN
Waduk Tempuran merupakan Wisata Alam yang fungsi utama sebagai irigasi serta pembinaan atlit-atlit dayung yang bertaraf internasional, disamping itu sebagai budidaya ikan karamba dan pemancingan. Waduk ini terletak + 10 Km. kearah Timur Laut dari Kota Blora.

5. LOKO WISATA CEPU
Loko Wisata ini merupakan paket perjalanan wisata di hutan jati KPH Cepu dengan transportasi rangkaian Kereta Api yang ditarik Lokomotip tua buatan Berliner Maschinnenbaun Jerman Tahun 1928. Jarak tempuh sejauh 60 Km. kecapatan maksim7um 20 Km/jam waktu perjalanan 4 jam. Letak bengkel transit di Kota Cepu + 36 Km. ke arah Tenggara Kota Blora.

6. AGROWISATA TEMANJANG
Agrowisata ini terletak di Desa Temanjang ditengah kawasan hutan jati dengan pemandangan alam yang indah, + 16 Km. arah Selatan Kota Blora. Daerah ini dikenal pula dengan Agrowisata DUNGMANDUR, karena terdapat kedung yang tak pernah habis airnya. Ditempat ini setiap malam Jumat sering digunakan kegiatan spiritual bagi yang mempunyai maksud tertentu. Disamping banyak pohon buah-buahan, juga tersedia pesanggrahan sebagai tempat peristirahatan.

2 comments:

  1. Itu yang point 5 loko wisata cepu tak tambahi ya..loko wisata tua itu digunakan untuk perjalanan wisata dari cepu sampai Gubuk Payung, di daerah Desa Temengeng, Kec. Sambong, dulu emang ramai turis di Gubuk Payung, tetapi sejak penjarahan hutan jati taon 99/00an sudah tidak adalagi turis yang datang, bahkan rel jalur kretapun udah rusak, jd wisata dgn perjalanan kereta tua tersebut skrg tinggal kenangan saja..sayang ya..salam kenal untuk admin blora.blogspot.com, sy asli dr Ds. Temengeng Blora..

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak pak prasko atas infonya. memang sangat disayangkan wisata di blora banyak yg sudah tidak berfungsi, semoga pemkot Blora lebih memperhatikan sektor wisata kembali, agar Blora tetap indah.salam kenal juga

    ReplyDelete